Senin, 06 Mei 2013

Catatan Kopi Darat April 2013

Pada hari Sabtu, 27 April 2013, komunitas Python Indonesia kembali mengadakan kopi darat. Biarpun kali ini hanya ada tiga pembicara, tapi ternyata masing-masing pembicara menyampaikan materi dengan begitu menarik hingga melebihi waktu yang biasanya disediakan.

Di kopi darat bulan Februari 2013 terdapat empat pembicara. Masing-masing pembicara diberikan waktu 45 menit, termasuk tanya-jawab.

Kopi darat kali ini kembali dimulai tepat waktu.

Tom sebagai pembicara pertama, bercerita bagaimana ia menggunakan Python sebagai exploit. Sebelumnya Tom menjelaskan teori dasar mengenai stackoverflow. Lalu teknik yang lebih mahir dijelaskan Tom, bagaimana mengatasi SEH (Structured Exception Handler). Program yang dieksploitasi oleh Tom kali ini adalah EzServer. Memanfaatkan kerawanan yang dimiliki program ini, Tom bisa mengeksploitasi dan kemudian mendapatkan akses administrator.

w00t, pop, pop, ret!


Pembicara kedua adalah Ikhlasul Amal, seseorang yang sudah kenal cukup lama dengan Python. Amal cerita pengalamannya dengan Python. Amal terkesan dengan kenecisan Python. Menurut Amal hal ini dipengaruhi juga oleh latar belakang sang penemu Python, Guido von Rossum, yang berasal dari Belanda.

"Op is Op", materi presentasi Amal.

Amal juga sempat cerita bagaimana pengalamannya mengelola wiki.python.or.id Bagaimana ia berperang melawan spammer. Bagaimana ia menulis sedikit demi sedikit informasi python sederhana dalam bahasa Indonesia.

Sebagai pembicara ketiga adalah Selwin. Berarti ini menjadi kedua kalinya Selwin menjadi pembicara dalam kopi darat Python. Sebelumnya ia pernah menjadi pembicara dalam kopi darat di bulan April 2012. Wah sudah setahun yang lalu!

Pada bagian awal, Selwin bercerita bagaimana keinginannya untuk membuat aplikasi web yang high performance. Hal ini lah yang selanjutnya melahirkan proyek python rq.


Yang hadir dalam kopi darat kali ini lebih banyak dengan kopi darat sebelumnya. Lebih kurang ada 20 orang yang datang. Untuk jumlah persisnya, nanti tunggu foto dari Amal.

Yang menjadikan kopi darat kali ini menarik adalah, orang-orang yang hadir kali ini mayoritas adalah orang-orang baru! Terima kasih kepada para pembicara dan tentu, mereka yang sudah menyempatkan datang! Terima kasih telah membuat komunitas Python Indonesia hidup!

1 komentar: