Minggu, 26 Agustus 2018

Rekap Meetup Python Indonesia X Shopee Indonesia


Komunitas Python Indonesia kembali mengadakan meetup di bulan Agustus 2018 bekerjasama dengan salah satu ecommerce yang paling dinikmati di Asia Tenggara dan Taiwan, yap Shopee! tempat pelaksanaan meetup kali ini adalah di kantor Shopee Indonesia, meetup “Python ID X Shopee ID” begitulah kami menyebut acaranya. 


Pembicara terdiri dari 2 perwakilan dari Shopee dan 1 perwakilan dari komunitas Python Indonesia, acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan diawali office tour sebagai bagian dari culture Shopee dalam menerima tamu disetiap acara mereka sekaligus memperkenalkan kepada peserta lingkungan kerja Shopee seperti apa, kantornya bagaimana dan sebagainya. 

Setelah office tour peserta akan digiring menuju ruangan meetup, pada kesempatan ini jumlah peserta yang hadir 150 lebih, ya bisa dibilang peserta terbanyak sepanjang sejarah meetup komunitas Indonesia, selamat Python Indonesia atas milestone barunya. MC dari Shopee membuka acara meetup dengan meriah, dilanjutkan oleh Ikhsan yang memperkenalkan komunitas Python Indonesia dan sekaligus mengajak peserta untuk ikut berkontribusi revitalisasi website python.or.id. 

Setelah itu dilanjutkan oleh Managing Director Shopee Indonesia yang berbagi tentang Shopee dan perjalanannya di lebih dari 7 negara. Masuk ke materi utama Nicolas membuka materi teknikal dengan menjelaskan tim engineering Shopee di Indonesia dilanjutkan dengan materi utama yaitu “Test Driven Development in Python”. Pembicara kedua Raymond Hendy memulai materi dengan perkenalan Machine Learning hingga materi puncaknya menjelaskan tentang “Category suggestion and Machine Translation”. Septian Hari menjadi pembicara terakhir dengan materi "NLP Chatbot with Rasa NLP", materi terakhir ini juga terdapat live demo pembuatan chatbot.    



Setelah ketiga sesi selesai acara dilanjutkan dengan Question dan Answer yang sudah diinput oleh peserta melalui sli.do, dilanjutkan dengan game time dari Shopee dengan hadiah voucher belanja untuk 3 orang pemenang, kemudian diikuti sesi foto bersama, lalu acara dilanjutkan dengan lunch dan networking session.

 Meetup Python ID X Shopee ini dihadiri lebih dari 150 peserta, ini menjadi meetup Komunitas Python Indonesia dengan peserta terbanyak sejauh ini.

 Sampai bertemu di meetup selanjutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar