Kamis, 24 November 2016

Kopdar Python ID 10 Desember 2016

Hello Semua, Python ID kembali mengadakan kopdar dwibulanan, yang kali ini akan diselenggarakan pada tanggal 10 Desember 2016. Berikut ini adalah informasi lengkapnya:
  • Tanggal: Sabtu, 10 Desember 2016
  • Jam: 10:00 WIB
  • Biaya: Gratis
  • Lokasi: PPSDMS Nurul Fikri, Jl. Lenteng Agung No.20, RT.4/RW.1, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Google map)
  • Angkutan Umum:
    1. Secara umum, bisa menggunakan angkutan umum ke arah depok via lenteng agung
    2. Dari Pasar Rebo: naik p19 jurusan Kampung Rambutan - Depok
    3. Dari Manggarai : busway shelter Manggarai - Depok
    4. Dengam krl: turun di stasiun UI, naik bikun (bis kuning) ke arah halte UI, kemudian naik jembatan penyebrangan
  • Materi:
    1. Network Hacking with Scapy oleh Henry Saptono
    2. Python for Microcontroller with MicroPython oleh Hendra Kusumah
    3. Mendevelop Odoo Secara Out of the Box oleh Farrell Abdurrafi

Rangkuman Materi

Network Hacking with Scapy

Scapy adalah software yang memiliki kemampuan untuk manipulasi paket jaringan. Beberapa contohnya antar lain merekayasa paket dalam berbagai variasi protokol jaringan, mengirimkan dan menangkap respon dari target serta mengolah respon tersebut. Selain manipulasi paket, Scapy juga bisa digunakan untuk traceroute, network scanning, arpspoofing, dan aktifitas lain yang berkaitan dengan Security Networking. Materi ini akan dibawakan oleh Pak Henry Saptono. Beliau adalah pengajar di LP3 STT Terpadu Nurul Fikri.

Python for Microcontroller with MicroPython

MicroPython adalah pengimplementasian Python3 yang dapat dijalankan di dalam microcontroller dan lingkungan yang serba terbatas. Meskipun tidak semua library standart python3 ada, tapi MicroPython tetap ditujukan agar kompatibel dengan Python3 semaksimal mungkin.  Sehingga transfer kode dari desktop ke perangkat microcontroller atau embedded system akan lebih mudah. Materi ini cocok untuk teman-teman yang berminat dengan Internet of Things. Materi ini akan dibawakan oleh Pak Hendra Kusumah. Beliau adalah pengajar di perguruan tinggi Raharja, Tangerang.

Implementasi Python dalam Framework Odoo

Odoo merupakan framework ERP (Enterprise Resource Planning) berbasis python yang sangat populer. Odoo banyak digunakan dalam dunia bisnis untuk membantu pengelolaan perusahaan. Dalam materi ini nantinya akan disampaikan bagaimana mendevelop/mengembangkan Odoo secara out of the box dengan library python yang sudah ada. Beberapa contohnya antara lain, mengambil latitude dan longitude dari image yg disimpan di database, membuat http controller untuk parsing data ke aplikasi mobile. Materi ini akan disampaikan oleh Farrell Abdurrafi, IT Head PT. Tiga Solusi Sakti. Saudara Farell banyak memiliki pengalaman dalam development Odoo.


Bagi teman-teman yang berminat dengan materi di atas, silakan datang ke acara kopdar ini. Selain materi, kita juga bisa berdiskusi, belajar bersama, berbagi pengalaman dan bersosialisasi dengan sesama programmer Python. Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai event ini, silakan isi komentar atau kirim pesan ke milis Python ID Kami tunggu kehadiran teman-teman :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar