Senin, 25 Januari 2016

learn python part I




Saya akan belajar bersama dengan pythonista semua tahap demi tahap. Saya tahu bahwa pythonista semua sudah sangat paham dari pada saya dan di sini saya di bukan sebagai guru maupun tutor. tetapi di sini kita belajar bersama untuk mencapai tujuan bersama. yaitu menguasai bahasa pemrograman python. tahap pertama yang kita pelajari adalah pekenalan terlebih dahulu dengan python. mungkin di sini sangat dasar. tapi ini merupakan pemahaman yang harus di miliki oleh seorang programmer, sebelum mereka ahli dalam pemrograman. Tidak Kenal Maka Tidak Sayang....
Definisi Python
Python adalah tingkat tinggi, diinterpretasikan, interaktif dan berorientasi objek bahasa scripting. Python dirancang untuk menjadi sangat mudah dibaca. Menggunakan bahasa Inggris sering di mana sebagai bahasa lain menggunakan tanda baca kata kunci, dan memiliki konstruksi sintaksis yang lebih sedikit daripada bahasa lain. 

Python Ditafsirkan: python diproses pada saat runtime oleh interpreter. Anda tidak perlu untuk mengkompilasi program Anda sebelum dijalankan. Hal ini mirip dengan PERL dan PHP.

 Python adalah Interaktif: Anda dapat benar-benar duduk di Python prompt dan berinteraksi dengan penerjemah langsung untuk menulis program Anda. 

Python adalah Object-Oriented: Python mendukung gaya Berorientasi Objek atau teknik pemrograman yang merangkum kode dalam objek.

 Python adalah bahasa Pemula: Python adalah bahasa yang besar untuk programmer tingkat pemula dan mendukung pengembangan berbagai aplikasi dari pengolahan teks sederhana untuk browser WWW untuk game.


Sejarah Python
Python dikembangkan oleh Guido van Rossum di akhir tahun delapan puluhan dan awal tahun sembilan puluhan di Institut Penelitian Nasional Matematika dan Ilmu Komputer di Belanda.


Python berasal dari banyak bahasa lainnya, termasuk ABC, Modula-3, C, C ++, Algol-68, Smalltalk, dan shell Unix dan bahasa scripting lainnya.

Python merupakan hak cipta. Seperti Perl, kode sumber Python sekarang tersedia di bawah GNU General Public License (GPL).

Python kini dikelola oleh tim inti pengembangan di lembaga ini, meskipun Guido van Rossum masih memegang peran penting dalam mengarahkan kemajuannya.

Fitur Python
Mudah-untuk-belajar: python memiliki beberapa kata kunci, struktur sederhana, dan sintaks yang jelas. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengambil bahasa dengan cepat.

Mudah dibaca: kode Python lebih jelas dan terlihat oleh mata. 

Mudah-untuk-menjaga: kode sumber Python cukup mudah-untuk-menjaga. 

Sebuah perpustakaan standar yang luas: bulk Python perpustakaan sangat portabel dan cross-platform yang kompatibel pada UNIX, Windows, dan Macintosh. 

Modus interaktif: Python memiliki dukungan untuk modus interaktif yang memungkinkan pengujian interaktif dan debugging dari potongan kode.  

Portabel: Python dapat dijalankan pada berbagai macam platform perangkat keras dan memiliki antarmuka yang sama pada semua platform. 

Diperpanjang: Anda dapat menambahkan modul tingkat rendah ke interpreter Python. Modul ini memungkinkan programmer untuk menambah atau menyesuaikan alat-alat mereka untuk menjadi lebih efisien. 

Database: Python menyediakan antarmuka untuk semua database komersial utama. 

GUI Programming: Python mendukung aplikasi GUI yang dapat dibuat dan porting ke banyak sistem panggilan, perpustakaan dan sistem windows, seperti Windows MFC, Macintosh, dan sistem X Window dari Unix.

 Scalable: Python menyediakan struktur yang lebih baik dan dukungan untuk program-program besar dari shell scripting.

Selain fitur yang disebutkan di atas, Python memiliki daftar besar fitur yang baik, beberapa tercantum di bawah ini: IT mendukung metode pemrograman fungsional dan terstruktur serta OOP. 
Hal ini dapat digunakan sebagai bahasa scripting atau dapat dikompilasi untuk byte-kode untuk membangun aplikasi besar. Ini menyediakan tipe data dinamis tingkat tinggi sangat mendukung dan memeriksa jenis dinamis. IT mendukung pengumpulan sampah otomatis. Hal ini dapat dengan mudah diintegrasikan dengan C, C ++, COM, ActiveX, CORBA, dan Java.

Untuk pemahaman dasar kita pada bagain satu ini mungkin cukup dulu, kita akan melanjutkan ke tahap bagain dua.

(tutorialspoint.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar