Jumat, 31 Oktober 2014

Ulasan Kopdar Oktober 2014

Bertempat di kantor Detik, pada tanggal 18 Oktober 2014, komunitas Python Indonesia mengadakan kopi darat (kopdar) Oktober 2014.

Kopdar dibuka dengan pengumuman singkat tentang apa dan bagaimana acara kopdar itu sendiri dan program donasi (termasuk jumlah saldo sampai periode bulan Oktober 2014). Rizki Nanda, perwakilan dari Detik pun ikut memberikan welcoming speech.

Testing in Django

Aldiantoro Nugroho mengawali sesi regular talk dengan topik testing di Django. Beberapa poin yang disampaikan oleh Aldi:
  • Apa itu testing dan bagaimana caranya
  • Pentingnya testing baik itu unit test ataupun integration test
  • Kapan TDD "layak" diterapkan di suatu project
  • Tips dan trik melakukan testing di Django

Data Science Menggunakan Python

Eka A. Kurniawan, founder Elitics Technologies dan koordinator komunitas Python ID Tangerang, berbagi cerita tentang data science dan penerapannya di Python. Berbekal tools semisal IPython notebook dan scikit-learn, Eka memberikan demo bagaimana mengolah data yang diunduh dari Twitter.

Django Naomi

Edwin Lunando memperkenalkan salah satu pet project-nya, django-naomi. Tool ini berguna untuk melihat pratinjau dari email yang akan dikirim ketika menggunakan Django. Pada sesi ini, Edwin melakukan demo bagaimana menggunakan django-naomi.

from __future__ import meetup

Secara garis besar, meetup Oktober 2014 berjalan secara lancar. Untuk dokumentasi acara dan foto bisa dilihat di Twitter stream #kopdarpython, event Meetup, dan laman khusus ulasan kopdar.

Sampai bertemu kembali di kopdar selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar