Senin, 08 September 2014

Ulasan Rilis Django 1.7

Halo semuanya, setelah hampir satu tahun dikembangkan, akhirnya Django versi 1.7 telas rilis. Bagi yang belum familiar dengan Django, Django merupakan sebuah web framework yang berbasis Python. Pada rilis versi 1.7 ini, ada cukup banyak beberapa fitur baru yang dapat membantu developer membuat aplikasi web yang baik. Berikut merupakan beberapa fitur baru Django yang menarik untuk dicoba.

Migrasi

Mulai sekarang, melakukan migrasi basis data semudah menjalankan sebuah command lewat Django. Kalau sebelumnya kita harus menggunakan third party library South untuk melakukan migrasi, sekarang tidak. Setelah dirasa South sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan Django, pengembang South, membuat sebuah proyek kickstarter untuk membuat kode migrasi untuk Django.

App-Loading

Definisi aplikasi Django sekarang sudah sedikit bergeser karena kebutuhan. Kalau sebelumnya, setiap aplikasi Django membutuhkan file "models.py", sekarang tidak karena cukup banyak aplikasi Django yang tidak membutuhkan model. Bagi pengguna Django admin, sekarang sekarang juga memanggil "autodiscover()" sehingga tidak perlu memanggilnya di file "urls.py" lagi. 

Check Framework

Sistem check framework ini digunakan untuk mendeteksi masalah biasa yang biasanya ada karena lupa terhadap sesuatu yang sepele. Contohnya, CharField harus mempunyai parameter "max_length". Sistem ini juga mudah jika ingin dikembangan sesuai dengan kebutuhan proyek lain.

Custom Lookups

Django sekarang memudahkan pengembang jika ingin membuat custom lookup untuk kebutuhan proyeknya. Kalau sebelumnya, lookup yang terdapat pada ORM DJango tidak dapat dikembangkan lebih jauh lagi. Contohnya seperti "qs.filter(author__birthdate__year__lte=1981)"

Fitur baru Django 1.7 bisa dilihat lengkap di sini. Pada versi baru ini, begitu banyak bagian dari Django bisa dikembangkan sendiri oleh penggunanya(custom). Penilaian saya, fitur baru pada Django ini sangatlah signifikan dan sangat direkomendasikan untuk langsung meperbarui versi Django Anda. Berbeda dengan versi 1.6 yang tidak begitu banyak perubahan. 1.7 bisa dibilang dengan era baru dari Django yang benar-benar memberikan pengalaman baru dalam mengembangkan aplikasi web.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar