Selasa, 13 Mei 2014

Cerita Kopdar April 2014

Bagi yang tidak bisa hadir dalam kopdar April 2014, berikut ini adalah cerita-nya ;-)

Secure Programming di Python oleh Rizki Wicaksono

Rizki Wicaksono (@rizki81) dari ilmuhacking.com membawakan topik secure coding in python, konsep white list vs black list, juga membawakan beberapa demo bahayanya penggunaan eval dan pickle, dimana rizki melakukan eksploitasi sehingga berhasil mendapatkan akses remote shell di mesin yang menjalankan script berbahaya tersebut.

Computational Psychology oleh Roby Muhamad

Roby Muhamad (@robymuhamad) dengan backgroundnya sebagai sosiolog dan psikolog komputasi memaparkan mengenai bagaimana analisa kosakata pada data Twitter dapat menggambarkan korelasi yang menarik dan memetakan karakter pengguna twitter di Indonesia terhadap beberapa teori psikologi. Bahasan non teknis disambut baik dan mengundang banyak pertanyaan dari para peserta kopdar.

Lightning talks

Python Version Management with pyenv oleh Isman Firmansyah

Isman Firmansyah (@iromli) membawakan lightning talk tentang pyenv, sebuah python version management yang memudahkan developer juggling beberapa versi python sesuai kebutuhan.

Sekilas tentang modul struct: pembuatan file ICO tanpa menggunakan pustaka eksternal oleh Noprianto

Noprianto menceritakan pengalamannya menggunakan struct, salah satu library standar python utk mengenerate file ico untuk salah satu enhancement di SQLiteBoy. Peserta kopdar diperkenalkan cara membaca spec header file format di wikipedia.

SuroCam: Robot menggunakan Raspberry Pi oleh Hendra Kusumah

Hendra Kusumah mempresentasikan proyek SuroCam, sebuah perangkat Raspberry Pi yang dipasangkan webcam, dapat dikendalikan melalui web interface bahkan secara remote.

Penutup

Sekian cerita kopdar kali ini. Sampai jumpa dalam kopdar berikutnya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar