Selasa, 29 April 2014

Jakarta Smart Disaster Management Hackathon 2014

Kompetisi Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pendukung Penanganan Bencana di Jakarta (Jakarta Smart Disaster Management Hackathon 2014)

BPBD Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Global Facility for Disaster Reduction & Recovery (GFDRR)/World Bank, United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UN-OCHA), Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT), Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR), Python Indonesia, Forum Pengurangan Risiko Bencana Jakarta (FPRB Jakarta), Badan National Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Komunikasi dan Informasi, Dinas Komunikasi, Informasi dan Kehumasan DKI Jakarta dan Fujitsu Indonesia akan melaksanakan Kompetisi Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mendukung upaya penanggulangan bencana sebagai bagian dari Code for Resilience. Tujuannya untuk membantu mencari solusi berbasis teknologi informasi dan komunikasi guna menjawab tantangan yang terkait dengan penanganan bencana.

Kompetisi dibuka untuk dua kategori:

Kategori Khusus Keterampilan Pemrograman Python (Python Skill Competition): Coding untuk Penghitungan Kerusakan dan Kerusakan Paska Banjir

Untuk membantu mempercepat proses penghitungan kerusakan dan kerugian paska banjir di Jakarta, peserta yang mendaftar pada kategori ini diminta secara khusus melakukan coding menggunakan bahasa pemrograman Python dari desain analisis sistem yang sudah disiapkan oleh panitia. Hasil akhirnya adalah berupa aplikasi yang akan dihubungkan/plug in untuk melakukan operasi penghitungan otomatis nilai kerusakan dan kerugian bencana (https://www.gfdrr.org/Track-III-TA-Tools). Aplikasi ini diharapkan dapat dijalankan dalam Disaster Information Management System (DIMS) yang digunakan di Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD DKI Jakarta dan juga dapat menjadi plug-in pada Piranti Lunak Pemetaan opensource QGIS serta aplikasi InaSAFE.

Kategori Umum Inovasi Teknologi Informasi Untuk Penanggulangan Bencana (Inovation Competition)

Dalam kategori ini, peserta diminta untuk mengembangkan aplikasi atau dapat pula menyampaikan hasil karyanya yang telah digunakan untuk mendukung upaya penanggulangan bencana baik pada tahap pra bencana, tanggap darurat maupun pasca bencana. Hasil karya yang dikompetisikan bebas untuk berbagai platform teknologi namun harus mengandung unsur teknologi informasi seperti mobile apps, web based application, social media support, komunikasi dan radio serta inovasi lainnya. Kriteria umum penilaian adalah original hasil karya peserta, memiliki manfaat yang nyata dalam penanggulangan bencana, kreatif dan menarik dalam penampilan serta mudah untuk digunakan masyarakat/relawan/petugas. Sangat disarankan agar aplikasi yang dibuat dapat berinteraksi dengan sistem data yang sudah ada saat ini di BPBD DKI Jakarta.

Informasi Umum & Penjadwalan

  • Kompetisi diharapkan akan diikuti oleh peserta secara perorangan, tanpa batasan umur dan latar belakang, memiliki minat dalam isu kebencanaan dan berdomisili di sekitar Jabodetabek. Peserta Python Skill Competition dari luar Jabodetabek diharapkan dapat menanggung sendiri biaya transportasi dan akomodasi.
  • Peminat dapat mengirimkan biodata yang dilengkapi dengan contoh portofolio aplikasi yang pernah dibuat. Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 30 April 2014. Penerimaan biodata diharapkan paling lambat tanggal 18 Mei 2014 pukul 17.00 WIB ditujukan ke email: pusdalopsbpbdjkt@gmail.com dengan menginformasikan kategori yang diminati.
  • Pengumuman nama yang terpilih dalam seleksi administratif dan portofolio untuk masuk pada tahapan kompetisi akan diinformasikan melalui surat elektronik langsung kepada peserta dan website BPBD DKI Jakarta (bpbd.jakarta.go.id) pada tanggal 20 Mei 2014.
  • Peserta yang terpilih untuk masuk dalam kategori khusus Keterampilan Coding Penghitungan Kerusakan dan Kerugian Paska Banjir diharapkan dapat mengikuti sesi training pada tanggal 23 Mei 2014 di kantor Pusdalops BPBD DKI Jakarta.
  • Pelaksanaaan Coding untuk kategori khusus keterampilan (Python Skill Competition) akan dilaksanakan pada tanggal 24-26 Mei 2014 bertempat di Pusdalops BPBD DKI Jakarta.
  • Untuk kategori inovasi, akan dilakukan seleksi berdasarkan biodata dan portofolio. Peserta yang masuk dalam nominasi, akan diminta untuk mempresentasikan karya nya di hadapan para juri yang diketuai oleh Onno W. Purbo pada tanggal 24-26 Mei 2014.
  • Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2014 melalui surat elektronik dan website BPBD DKI Jakarta
  • Dari masing-masing kategori akan dipilih tiga pemenang. Pemenang pertama akan diundang dan dibiayai untuk hadir pada The 6th Asia Ministerial Conference for Disaster Risk Reduction di Bangkok pada tanggal 22-26 Juni 2014. Pemenang akan diminta untuk mempresentasikan hasil karyanya pada side event dalam forum tersebut. Selain itu, ketiga pemenang pada setiap kategori akan mendapatkan hadiah. Total nilai hadiah adalah 25 Juta Rupiah.
  • Seluruh peserta yang masuk dalam tahapan seleksi akan mendapatkan paket merchandise dari BPBD DKI Jakarta
  • Pertanyaan lebih lanjut mengenai kompetisi, ditujukan ke pusdalopsbpbdjkt@gmail.com

Tautan terkait: BPBD Jakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar