Kamis, 26 September 2013

Kopi Darat Python Indonesia Oktober 2013

Pengantar

Komunitas Python Indonesia akan kembali mengadakan kopdar. Kopdar kali ini akan menjadi kopdar yang kelima dalam tahun 2013!

Waktu

Sabtu, 26 Oktober 2013
Pukul 09.00 - 13.30 (UTC+7)

Tempat

Suitmedia
Jl. Pejaten Barat II No. 3A
Pejaten Barat, Pasar Minggu,
Jakarta Selatan, 12510
Telepon: 021-7196877

Koordinat gmaps -6.2762, 106.8243


View Larger Map

Transportasi

Transportasi Umum

Transjakarta Koridor 6 Ragunan - Dukuh Atas, turun di Halte Pejaten. Naik angkot apa saja ke arah Pejaten Barat atau jalan kaki sekitar 5-7 menit. Saat ada belokan ke Pejaten Barat II, belok kanan. Ada di sebelah kanan jalan.

Transportasi Pribadi

Mobil parkir dalam: 5. Motor parkir dalam: 12. Kapasitas luar: banyak :)

Registrasi

Sama dengan kopdar sebelum-sebelumnya, untuk menghadiri ini tidak diperlukan registrasi dan tidak dipungut biaya. Acara ini bersifat publik.

Jadwal Acara

09.00 - 09.25 Perkenalan
09.25 - 09.30 Pembukaan oleh Zaki Akhmad
09.30 - 09.45 Sambutan dari Suitmedia
09.45 - 10.30 Intro to MongoDB by Edwin Lunando
10.30 - 11.15 Introduction to Docker, a "virtualization" without heavy footprint by Sefrinaldi
11.15 - 12.00 Raspberry Pi 101 oleh Jan Peter Alexander dan Tonny Adhi Sabastian
12.00 - 12.30 Istirahat sejenak
12.30 - 13.15 Zope Component Architecture (ZCA) oleh Ucok Freddy Marpaung
13.30 - 13.30 Foto bersama dan penutupan

Abstrak Materi dan Profil Pembicara

Intro to MongoDB by Edwin Lunando

MongoDB is one of the most used and popular noSQL database that use the document storage concept. Some said that noSQL is the future of database. This presentation will explain about the main concept of MongoDB, the difference of MongoDB with traditional RDBMS(Relational Database Management System) like MySQL or PostgreSQL, The advantage and disadvantage of using MongoDB, When to use noSQL, and the experience using MongoDB as production database since 2011.

Edwin was a web developer since 2011. I am a technology enthusiast. I tried almost every new technology that came out to the surface. Now, I am a Software Engineer at Suitmedia to build web apps using Python - Django.

Introduction to Docker, a "virtualization" without heavy footprint by Sefrinaldi

Sebagai pecinta Python, apalagi yang memiliki pengalaman mengembangkan perangkat lunak menggunakan Python, pastinya familiar dengan Virtualenv, sebuah tool yang digunakan untuk mengisolasi linkungan pengembangan Python. Selain itu, istilah dan teknologi virtual machine juga bukan merupakan hal baru. Virtual machine adalah perangkat lunak yang dapat mengimplementasikan sebuah mesin (komputer) dan dapat digunakan sebagaimana layaknya mesin fisik.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengenalkan tentang Docker, sebuah Linux container engine yang memiliki konsep isolasi yang lebih general daripada Virtualenv, namun jauh lebih sederhana dibanding sebuah virtual machine.

Sefrinaldi, software engineer, bekerja di salah satu cloud services provider di Indonesia. Tertarik dengan cutting-edge technologies, cloud computing dan technopreneurship.

Raspberry Pi 101 oleh Jan Peter Alexander dan Tonny Adhi Sabastian

Raspberry Pi merupakan komputer murah berbasis ARM yang menyulut semangat kreativitas dan pendidikan di berbagai aspek. Dalam pengenalan singkat ini kami akan mencoba mengenalkan dan berbagi pengalaman tentang beberapa seluk beluk penggunaan dan kreativitas yang dapat dihasilkan RaspberryPi. Kami akan coba mengenalkan beberapa appliances RaspberryPi sebagai Media Center, Simple Access Point, serta kontrol Robot sederhana. Peran serta RaspberryPi dalam pengajaran dan penelitian di Fasilkom UI juga akan disampaikan.

Jan Peter Alexander (jp) dan Tonny Adhi Sabastian adalah system administrator di Universitas Indonesia yang sekaligus menjadi aktivis F/OSS sebagai gembala Kambing UI. Pekerjaan mereka sehari-hari adalah menjaga keamanan dan ketertiban infrastruktur di Universitas Indonesia. Selain itu mereka juga melakukan pengembangan arsitektur dan infrastruktur seperti High Availability Anti Spam Mail Cluster, IaaS Cloud Computing Infrastructure, dan Smart Card Universitas Indonesia. Selain kesibukan harian tersebut, mereka juga terkadang mengajar di Fasilkom UI untuk mata kuliah Pemrograman Sistem yang tugas akhirnya melibatkan penggunaan Raspberry Pi, aktif dalam penelitian seperti Layanan Opendata UI, Pengembangan Rumah Cerdas (Smart Home) dan Protokol ATN.

Zope Component Architecture (ZCA) oleh Ucok Freddy Marpaung

Jika di C++ ada COM/XPCOM, di Java ada JavaBeans, maka Python sebenarnya punya ZCA sebagai framework untuk melakukan metode pemograman berbasis component. Metode pemograman berbasis component akan sangat membantu kita dalam pembuatan dan pemeliharaan software berskala besar dengan tingkat pluggability yang sangat tinggi.

Ucok Freddy Marpaung, bekerja sebagai system integrator di sebuah perusahaan telekomunikasi. Dalam memberikan solusi kepada customer selalu mengupayakan menggunakan teknologi yang telah tersedia di dunia open source, terutama yang berbasiskan linux dan python.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar