Rabu, 31 Juli 2013

Kopi Darat Python Indonesia Agustus 2013

Waktu

Sabtu, 31 Agustus 2013
Pukul 09.00 - 13.30 WIB (UTC+7)

Tempat

Burufly
Jalan Wijaya Timur II No. 13
RT 015 RW 002, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Mampang Prapatan
Jakarta Selatan

Koordinat gmaps: -6.23982616,106.81552028

Transportasi

Transportasi Umum

  • Transjakarta
  • Koridor 6 turun di halte Mampang Prapatan. Sambung dengan Metromini 75 ke arah blok M, turun di Sekolah Tarakanita Jalan Tendean.
  • Metromini/Kopaja/Bus
  • Metromini 75, 77; Kopaja 57, 620, R 57, Patas 45 turun di Sekolah Tarakanita Jalan Tendean (untuk Metromini 77, naik dari Blok M atau Bangka/Ragunan)

Transportasi Pribadi

Parkir Motor:
  • Kapasitas: 10
Parkir mobil:
  • Di halaman kantor: 2
  • Di sekitar kantor: 8 (paralel)

Registrasi

Untuk menghadiri ini tidak diperlukan registrasi dan tidak dipungut biaya. Acara ini bersifat publik.

Jadwal Acara

09.00 - 09.25 Perkenalan
09.25 - 09.30 Pembukaan oleh Zaki Akhmad
09.30 - 09.45 Sambutan dari Burufly
09.45 - 10.30 High availability and scalability tricks for Django website oleh Reza
10.30 - 11.15 Introduction to gevent oleh Isman Firmansyah
11.15 - 12.00 sqliteboy oleh Noprianto
12.00 - 12.30 Istirahat sejenak
12.30 - 13.15 PyWikipediabot oleh Gombang Nan Cengka
13.30 - 13.30 Foto bersama dan penutupan

Abstrak Materi dan Profil Pembicara

High availability and scalability tricks for Django website oleh Reza

Burufly.com was developed using Django. During our releases, we try to figure out which areas of the platform can be bottlenecks. During our 8 months of being released we have made a lot of adjustments to our codes to provide better access for our users. Hopefully some of the tricks and tips we use can be beneficial to other people who develop using Django as well.

Reza is a sysadmin turned developer as well as an open source enthusiast. He Went to school to learn about Unix and came out as a developer instead. Having experiences in multiple startups and clients in Indonesia and abroad, Reza joined Burufly in 2011 to lead the engineering team to build a scalable platform for travelers.

Introduction to gevent oleh Isman Firmansyah

gevent adalah sebuah library Python yang populer digunakan untuk network programming. Dalam presentasi ini, saya akan memperkenalkan gevent dalam konteks What, When, Why, dan How.

Isman Firmansyah, seorang developer di sebuah start-up lokal.

sqliteboy oleh Noprianto

Topik yang akan dibawakan adalah cerita seputar pengembangan sqliteboy. Mencakup penentuan fitur, pemilihan pustaka tambahan, kode, pentingnya kompatibilitas dan integrasi dengan sistem eksternal.

Sqliteboy adalah sqlite manager free/open source berbasis web, yang dilengkapi dengan aneka UDF, form/subform, report, multi-user, user-defined profile, scripting, integrasi dengan sistem eksternal, files dan fitur-fitur lainnya. Semuanya disimpan dalam satu file database sqlite. Dibangun dengan python dan web.py.

Noprianto: Menyukai pemrograman, menggunakan python dan menulis program free/open source github.com/nopri.

PyWikipediabot oleh Gombang Nan Cengka

Wikipedia, ensiklopedi bebas daring yang dapat diedit oleh semua orang tidak hanya disunting oleh manusia juga, tetapi juga oleh bot. Penyunting dan administrator Wikipedia menggunakan bot untuk melakukan berbagai tugas yang terlalu menjemukan untuk dikerjakan manusia, mulai dari mengarsipkan pembicaraan, mendeteksi vandalisme sampai menciptakan artikel baru.

Framework yang populer untuk membuat bot ini adalah Pywikipedabot, yang ditulis dalam bahasa pemrograman Python dan sudah mulai digunakan sejak tahun 2003. Pywikipediabot tidak hanya dapat digunakan pada situs-situs Wikimedia Foundation, tetapi juga pada situs web lain yang menggunakan perangkat lunak MediaWiki. Presentasi ini akan menjelaskan secara singkat tentang Pywikipediabot dan penggunaannya dalam otomatisasi berbagai tugas di Wikipedia.

Gombang Nan Cengka pertama kali menyunting Wikipedia bahasa Indonesia di tahun 2006, dan dipercayai menjadi administrator pada tahun 2008. Dia turut mendirikan perkumpulan Wikimedia Indonesia pada tahun yang sama. Sehari-harinya dia menulis berita dan artikel IT untuk harian Bisnis Indonesia.

Pengalaman pemrogramannya dimulai dari bahasa BASIC sewaktu SMP, dan Pascal pada SMA dan kuliah. Dia belajar C dan C++ secara otodidak untuk skripsinya di Jurusan Fisika ITB. Keinginannya belajar Python timbul karena ingin dapat lebih baik menggunakan Pywikipediabot di Wikipedia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar