Rabu, 03 September 2014

Ulasan Kopdar Agustus 2014



Pada tanggal 23 Agustus 2014 yang lalu, komunitas Python Indonesia bekerja sama dengan P.T. Infinys System Indonesia mengadakan kopdar (kopi darat). Sesuai dengan agenda yang sudah direncanakan sebelumnya, kopdar terbagi menjadi 3 sesi utama, yaitu regular talk, lightning talk, dan sesi paralel — terdiri dari 2 sesi yang dijalankan secara bersamaan, yaitu code sprint dan diskusi bebas seputar Python.

Regular Talk


Noprianto yang menjadi inisiator sekaligus salah satu kontributor proyek Buku OpenERP, berbicara tentang pengalamannya menulis buku secara berkolaborasi dengan penulis lainnya. Menurut beliau, tahap penulisan materi buku sendiri sudah rampung, tinggal menunggu tahap-tahap selanjutnya termasuk penyuntingan dan sebagainya. Nah, kita tinggal menunggu kabar selanjutnya kapan Buku OpenERP ini akan dirilis.

Tak lama berselang, giliran Akbar Gumbira dan Isman Firmansyah yang berbagi cerita tentang proyek open source yang sedang digarap komunitas Python Indonesia, berupa aplikasi berbasis web. Kodenya bisa dilihat di repositori dan aplikasinya sendiri bisa dicoba di http://members.python.or.id. Yang perlu dicatat adalah, aplikasi tersebut masih dalam tahap "percobaan" dan akan terus dikembangkan.

 

Lightning Talk


Pada satu-satunya sesi lightning talk di kopdar kali ini, Firman Hadi, bercerita tentang penggunaan Python di dunia GIS, termasuk perkenalan pustaka ArcPy.


Sesi Paralel

Sesuai dengan namanya sesi paralel ini dijalankan secara bersamaan, terdiri dari diskusi bebas dan code sprint.

Diskusi Bebas


Beberapa poin yang sempat dibahas di sesi ini:
  • Mendorong anggota untuk lebih berinisiatif dalam bertanya di milis, IRC, dan jika perlu mengorganisir user group lokal di daerah masing-masing.
  • Bertukar pengalaman tentang belajar Python dan bahasa lain.
  • Membahas OpenERP.

Code Sprint


Dari 5 peserta yang mendaftarkan diri sebelumnya, hanya 1 orang yang berhalangan hadir. Untungnya ada 1 tambahan peserta, Indra, yang ikut code sprint secara mendadak.


from __future__ import meetup


Terima kasih untuk semua peserta yang telah datang dan Infinys System Indonesia atas dukungannya. Sampai bertemu lagi di kopdar selanjutnya!

Catatan: dokumentasi acara bisa dilihat di Twitter stream dan Meetup event.

1 komentar: