Selasa, 26 November 2013

Kopi Darat Python Indonesia Desember 2013

Pengantar

Sebelum berganti tahun 2014, komunitas Python Indonesia kembali mengadakan kopdar!

Waktu

Sabtu, 28 Desember 2013
Pukul 09.00 - 13.30 (UTC+7)

Tempat

Kantor Detik.com
Aldevco Octagon Building – Lantai 2
Jl. Warung Buncit Raya No.75, Jakarta Selatan 12740

Koordinat gmaps


View Larger Map

Transportasi

Transportasi Umum

Transjakarta Koridor 6, turun di Halte Buncit Indah

Transportasi Pribadi

Tersedia area parkir untuk mobil dan motor

Registrasi

Sama dengan kopdar sebelum-sebelumnya, untuk menghadiri ini tidak diperlukan registrasi dan tidak dipungut biaya. Acara ini bersifat publik.

Jadwal Acara

09.00 - 09.25 Perkenalan
09.25 - 09.30 Pembukaan oleh Zaki Akhmad
09.30 - 09.45 Sambutan dari Detik.com
09.45 - 10.30 Load Balancer Linux with LVS oleh Rizki Nanda Agam
10.30 - 11.15 Analisa Data di Python dengan Pandas oleh Sigit Nurseto
11.15 - 12.00 Cerita MK 160 dan Smart Intelligent Artikulpi oleh Akhmat Safrudin
12.00 - 12.30 Istirahat
12.30 - 13.15 "Android. Monitoring. Flask." oleh Batista R. Harahap
13.15 - 13.30 Foto Bersama dan Penutupan

Abstrak Materi dan Profil Pembicara

Load Balancer Linux with LVS oleh Rizki Nanda Agam

LVS adalah salah satu load balancer yang berjalan di layer 4 (Transport Layer) pada OSI, keuntungan menggunakan load balancer di layer ini adalah kecepatan dan skalabilitasnya. Python bisa kita gunakan untuk menjadi wraper atau tools untuk memanage load balancer ini. Selain itu kita juga akan melihat kekurangan dan kelebihannya load balancer di layer ini dibandingkan layer aplikasi.

Rizki Nanda Agam, baru belajar python dan saat bekerja staff IT disalah satu media online di Jakarta.

Analisa Data di Python dengan Pandas oleh Sigit Nurseto

Analisa data dapat memberi kita informasi yang berguna tentang pattern, relationship atau tren dari suatu kumpulan data. Python yang saat ini sudah memiliki operasi data yang mudah, menjadi lebih powerful dengan adanya library Pandas. Dengan menggunakan Pandas kita dapat melakukan data analisis dari suatu database atau bentuk data lainnya dengan fleksible, cepat dan ekspresif.

Pada kopdar kali ini, saya akan memperkenalkan Pandas dan memperlihatkan bagaimana library ini dapat dipakai secara mudah dan menyenangkan untuk menganalisa data. Supaya mudah dipahami, saya akan menampilkan langsung bagaimana Pandas membuat kumpulan raw data menjadi Graph yang menarik dan berguna.

Sigit Nurseto. Sejak melihat source code Python pertama kali beberapa tahun lalu, saya langsung tertarik dengan Python karena kecantikan sintaknya. Sampai saat ini saya adalah Freelance Programmer yang selalu menggunakan Python selama client tidak terlalu peduli dengan bahasa yang dipakai :)

Cerita MK 160 dan Smart Intelligent Artikulpi oleh Akhmat Safrudin

Pada sesi berbagi kali ini, saya ingin berbagi pengalaman saya dengan dua buah produk perangkat lunak yang dikembangkan dengan Python, diantaranya:

  • MK 160
  • MK 160 adalah media komunitas berbasis teknologi pesan layanan singkat (SMS), saat ini perangkat lunak tersebut digunakan oleh masyarakat Timbul Harjo, Yogyakarta. MK 160 dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Python, pada sesi berbagi kali ini saya ingin berbagi pengalaman baik teknis maupun non teknis mengenai pengembangan MK 160.
  • Smart Inteligent Artikulpi
  • Smart Inteligent merupakan layanan media monitoring baik media sosial maupun media masa daring, Smart Intelligent merupakan salah satu produk Artikulpi yang gagal terbit :(, namun demikian dalam perjalanannya banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman ini, produk ini dikembangkan menggunakan Python, meskipun tidak semua komponen menggunakan Python. Pada sesi berbagi kali ini saya akan membahas pengalaman saya dengan produk gagal terbit ini, baik dari sisi teknis maupun non teknis.

Akhmat Safrudin, saya suka dengan dunia rekayasa perangkat lunak, selain itu juga suka dengan dunia Wiraswasta, oleh karenanya saat ini saya bersama dengan teman saya sedang mengembangkan usaha pengembangan perangkat lunak yang bernama Artikulpi. Selain itu saya juga mahasiswa (yang belum kunjung lulus :( ) di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta.

"Android. Monitoring. Flask." oleh Batista R. Harahap

Berbagai hal yang dapat terjadi dengan atau tanpa "root" di Android dan bagaimana dapat kita manfaatkan untuk monitoring berbagai facet di sebuah gadget Android dengan Flask dan MongoDB.

Suka menulis kode sejak dini dan berkembang menjadi menulis musik & blog setelah dewasa. Loves to build Mobile Apps, APIs & beautiful frontends.

2 komentar:

  1. registrasinya bagaimana ya? maaf, newbie niih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu registrasi. Tinggal datang saja ;-)

      Hapus