Minggu, 29 Januari 2012

Meetup #3 id-python di Kampus ITB

Sabtu 28 Januari 2012, id-python mengadakan meetup #3 di Gd. Benny Subianto (Labtek V), Institut Teknologi Bandung.  Acara dimulai dengan perkenalan antar peserta meetup. Dan diskusi ringan/sharing antar peserta meetup mengenai pengalaman masing-masing Python. Misalnya:


  • Bagaimana peluang kerja bagi programmer Python? Saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan Python untuk produk ataupun projek internal perusahaan. Beberapa perusahaan yang disebutkan: OpenERP (ERP berbasiskan Python) kini telah memiliki 5 partner implementor di Indonesia, EBDesk sedang mengembangkan produk yang menggunakan Python, Indowebster sedang mengembangkan ERP menggunakan OpenERP, Insan Infonesia menggunakan Python untuk parsing dan analisa file log.
  • Bagaimana penerapan MVC dalam menggunakan microframework Bottle? Belum terjawab jelas. (Mas Peb, tolong dijawab ya :) )
Selanjutnya acara dilanjutkan dengan presentasi mengenai "Python untuk Pemrosesan Teks dalam Bahasa Indonesia" serta demo singkat menggunakan microframework Bottle (file presentasi menyusul ya!)


Kira-kira jam 12, datang gerombolan dari Jakarta yang dikomandoi Gilang Chandra. Diminta push up karena telat, tapi mereka nggak mau. Instirahat sebentar.

Setelah istirahat, Gilang memberikan presentasi mengenai "Django meet MongoDB" alias menggunakan MongoDB sebagai basis data aplikasi yang dibangun menggunakan Django (file presentasi menyusul juga!)

Setelah presentasi, dilanjutkan lagi dengan sharing mengenai id-python: website yang baru, milis id-python. Juga  sharing apa yang diharapkan dan diperlukan oleh anggota id-python khususnya bagi yang baru mengenal Python. Beberpa usulan:
  • Website id-python menampilkan info lowongan pekerjaan buat programmer Python
  • Meetup-meetup berikutnya disertai dengan kesempatan untuk melakukan coding bersama antar peserta meetup. Beberapa topik yang diajukan:
  • Meetup diadakan tiap bulan, bergantian di Jakarta dan Bandung. Meetup berikutnya direncanakan akhir Februari di Jakarta.
Acara ditutup dengan foto-foto bersama (sebagai bukti bahwa meetup bukan hoax dan benar sudah dilangsungkan). 



Terima kasih khusus buat Peb Aryan telah menyediakan ruang serta konsumsi untuk meetup ini. Sampai berjumpa di meetup #4!

1 komentar: